Selasa, 11 Februari 2020

Manfaat Teknologi Perkantoran

Manfaat Teknologi Perkantoran Bagi Dunia Perkantoran.
Hasil gambar untuk teknologi perkantoran


Perkembangan teknologi perkantoran mempunyai pengaruh yang positif terhadap ketenagakerjaan, prosedur kerja dan hasil kerja perkantoran itu sendiri disamping dampak negatifnya.
Manfaat terhadap ketenagakerjaan yaitu:
  • Peningkatan mutu tenaga kerja
  • Menigkatkan kegairahan dan kedisiplinan kerja
  • Meningkatkan penghasilan bagi tenaga kerja
  • Meringankan tenagadan pikiran pegawai
Manfaat terhadap prosedur kerja yaitu:
  • Mempercepat penyelesaian pekerjaan
  • Menyederhanakan prosedur kerja atau memperpendek mata rantai penylesaian pekerjaan.
  • Memperlancar pekerjaan
  • Mempermudah penyelesaian pekerjaan
Manfaat terhadap hasil kerja yaitu:
  • Meningkatkan mutu hasil pekerjaan kantor
  • Mempertinggi jumlah hasil pekerjaan
  • Memenuhi standar mutu tertentu
  • Memperoleh keseragaman bentuk, ukuran dan jenis hasil pekerjaan kantor.

     Tidak hanya manfaat diatas, teknologi perkantoran juga bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari misalnya email. Email merupakan singkatan dari electronic mail yaitu pesan berbentuk elektronik yang dikirim melalui jaringan komputer.
     Email merupakan bentuk dari berkembangnya teknologi perkantoran, karena dengan adanya email kita akan lebih mudah mengirim pesan kepada siapa saja dan dimana saja.
Tidak hanya itu email juga mempunyai banyak sekali kelebihan, diantaranya sebagai berikut :

Cepat

 Pesan yang dikirimakan lewat email dapat sampai dalam hitungan menit bahkan detik tergantung kecepatan koneksi internet.

2.      Murah

Pengirimkan pesan menggunakan email  cukup bermodal akses koneksi dengan internet. Beda hal nya apabila  kita menggunakan  pos untuk mengirim pesan, karena   biaya yang harus dikeluarkan untuk mengirim pesan lewat media pos Sekali pengiriman uang yang harus dikeluarkan minimal adalah 5000 rupiah tergantung jarak dan juga kecepatan pengiriman pos yang diinginkan.

3.      Praktis

Penggunaan  email sangat praktis apalagi bagi kita yang ingin mengirim surat lamaran pekerjaan, karena  dengan  email kita  dapat menyertakan foto, KTP, CV, Ijasah, dsb tanpa harus mencetak dokumen tersebut. Kita juga tidak perlu antri lama- lama di kantor pos untuk mengirimkan surat lamaran. dan yang paling penting data yang telah kita kirimkan, tersimpan rapi pada halaman direktori email kita. Jika sewaktu –  waktu dibutuhkan lagi, dokumen tersebut dapat dengan mudah disertakan ulang untuk pengiriman ulang email ke alamat lainnya.

4.      Aman

Email sangat aman untuk mengirimkan  sebuah  pesan  karena  email dapat diamankan dengan menggunakan password milik kita sendiri. teknologi pengiriman email yang ada sekarang juga menjamin bahwa email kita terenkripsi dan hanya dapat diabaca oleh penerima email yang kita tuju. Pengiriman surat pos biasa memiliki resiko surat dicuri di kotak pos atau pada saat pengiriman. hal ini tentunya tidak kita inginkan untuk terjadi.

5.      Rapi

Email yang kita kirimkan akan tersimpan dengan aman pada media penyimpanan yang sudah disediakan penyedia layanan email. Kita juga dapat mengurutkan email sesuai dengan tanggal masuk, pengirim, dan juga parameter lainnya. Sungguh sangat rapi jika dibandingkan dengan menggunakan pos yang belum tentu suratnya dapat utuh setelah bertahun tahun.


Sumber  :

Nama         :  Anna Difatul Hidayah
Kelas         : X OTKP 2
No.Absen  : 08

8 komentar:

Manfaat Teknologi Perkantoran

Manfaat Teknologi Perkantoran Bagi Dunia Perkantoran. Perkembangan teknologi perkantoran mempunyai pengaruh yang positif terh...